oleh

Mahasiswa dan Elemen Masyarakat Demo Tolak KKN dan Oligarki

BATURAJA,Wartapos.co.id  –

Ratusan peserta aksi damai menyampaikan aspirasi masyarakat kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU ) yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Oku diantaranya Aktivis OKU, LSM, Perwakilan dari FKBPD OKU, Mahasiswa dari UNBARA, HMI , AKMI Baturaja, GMNI dan Perwakilan tokoh Pemuda dan tokoh masyarakat OKU, di halaman Gedung DPRD OKU, Senin (5/4/2021).

Aksi damai yang dihadiri kurang lebih ratusan massa ini, untuk menyampaikan Aspirasi terkait pengusulan dan penetapan Pj Bupati OKU, yang akan diusulkan oleh Gubernur Sumatera Selatan dalam hal ini kepada Menteri Dalam Negeri. Kehadiran para peserta Aksi diterima langsung oleh Ketua DPRD OKU, Marjito Bachri.

A. Syukri Holil salah satu perwakilan pimpinan aksi damai saat diwawancarai media di Lokasi Aksi damai di halaman Gedung DPRD OKU menjelaskan, aksi damai ini dalam rangka menyikapi atau merespon yang terjadi belakangan ini di kabupaten OKU, dimana adanya indikasi ketidak kondusifan terkait antara lain, Penolakan anggota DPRD OKU terhadap penunjukan Plh Bupati OKU.

“Kemudian pelaksanaan Rapat Paripurna DPRD OKU tentang Pengusulan pemberhentian Bupati OKU yang hanya dihadiri 14 dari 35 Anggota Dewan,” ucap A.Syukri Holil.

Kemudian, lanjutnya, adanya Isu yang berkembang tentang adanya upaya segelintir orang yang ingin memaksakan kehendak terhadap penetapan Pj Bupati OKU yang beraroma nepotisme dan dinasti.

“Untuk itu masyarakat OKU menuntut baik kepada Gubernur Sumsel maupun Mendagri agar proses penunjukan Pj Bupati OKU sesuai dengan aturan perundangan dan azas- azas Umum pemerintahan yang baik, tentunya tanpa adanya rekayasa dan akal-akalan,” ujar A.Syukri Holil.

Masih kata A. Syukri Holil, dikhawatirkan apabila penunjukan Pj Bupati OKU tidak sesuai aspirasi masyarakat dan tidak sesuai aturan,”maka akan timbul penolakan yang berakibat terjadinya ketidak kondusifan yang pada akhirnya akan merugikan kita semua,” tutur A.Syukri Holil.

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Aksi Hipzin turut menyampaikan, intinya kami sebagai elemen masyarakat OKU, mengharapkan proses penunjukan Pj Bupati OKU, diharapkan tidak ada unsur KKN dan tidak ada Intervensi kekuasaan, guna terciptanya suasana kondusifitas di Kabupaten OKU.

“Harapan kami proses Penunjukan Pj Bupati OKU, jangan sampai menabrak aturan perundang perundangan yang berlaku. Sehingga Pj Bupati OKU yang ditunjuk dapat diterima oleh segenap lapisan masyarakat karena kita harus menyadari bahwa Kabupaten OKU ini milik kita semua bukan miliki segelintir orang atau kelompok,” kata Hipzin saat dibincangi usai aksi unjuk rasa.

Ir H Marjito Bachri Ketua DPRD OKU dalam kesempatan wawancara oleh awak media menyampaikan, kami dari DPRD OKU dalam hal ini, mengucapkan terima kasih kepada masyarakat OKU pada aksi unjuk rasa yang damai dan tetap mematuhi protokol kesehatan oleh peserta unjuk rasa di Gedung DPRD OKU hari ini.

“Dan DPRD OKU akan secepatnya menyampaikan aspirasi dalam unjuk rasa ini kepada Gubernur Sumatera Selatan,” ujar Marjito Bachri.

“Dan saya berkeyakinan Pj Bupati OKU yang akan ditunjuk Gubernur Sumatera Selatan atas persetujuan Mendagri akan dapat diterima oleh Segenap Masyarakat kabupaten Oku,” terang Marjito Bachri.

Reporter : Amrul

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed