oleh

Bursa inovasi Desa menuju Desa mandiri



Baturaja, wartapos.co id,(Sumsel) kepala dinas pembedayaaan Masyarakat desa,Drs Ahmad firdaus,Msi.Dalam sambutannya mengatakan Keberadaan Bursa Inovasi Desa (BID) diharapkan bisa menjadi solusi bagi pemerintahan desa (Pemdes) di Kabupaten Oku dalam memecahkan penyelesaian masalah dan rencana pembangunan yang ada di desa.

Terlebih saat ini adanya alokasi dana desa (ADD) bisa memicu desa untuk berinovasi sehingga tujuan dari pemdes itu sendiri bisa dirasakan masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat desa kab Oku.Drs, Ahmad firdaus,M,si saat pelaksanaan BID yang diikuti ratusan kepala desa, dari kecamatan .lubuk batang ,lubuk raja,Baturaja timur dan Baturaja barat yang tergabung dalam cluster ll .hadir juga dalam kesempatan ini, Kapolsek Baturaja timur.Akp Zaldi, camat timur lugmanul hakim.S,sos.MM, pendamping desa, para kepala desa .di Gedung serbaguna kantor camat Baturaja timur Rabu24/7/2019

Ditegaskan firdaus, melalui BID juga diharapkan akan adanya inisiatif dan alternatif bagi Pemdes dalam rencana pembangunan kedepan.

“Tujuan kegiatan ini adalah menjual kreasi dan inovasi yang sudah dilakukan oleh desa, yang mana bisa dicontoh ke dalam wilayah kita sesuai potensi masing masing yang dimiliki desa,” terang Firdaus
, dari kegiatan ini peserta kepala desa bakal menerima petunjuk terkait inovasi apa saja yang bisa dilakukan di desanya masing masing, diantaranya beberapa point menu bursa inovasi yang bisa dilakukan meliputi sumber daya manusia maupun lingkungan.

“Harapan kita melalui BID, apa yang telah dilakukan oleh kawan kawan kepala desa yang sudah berhasil melalui tiga bursa inovasi itu bisa kita lakukan di wilayah kita terutama yang bernilai produktif sehingga bisa menghasilkan untuk desanya masing masing,” harap camat.

Ditambahkanya, Kepala desa merupakan Leader dan yang akan memberikan warna di desa. Untuk itu, kepala desa bisa benar benar memilah apa yang bakal dilakukan untuk memajukan serta membangun desanya supaya lebih baik lagi.

“Mau diapakan desa tergantung dari kepala desanya, jadi saya harapkan melalui kegiatan ini kades bisa benar benar memilah potensi apa yang bisa dikembangkan untuk dijadiakan sumber kegiatan baru yang bernilai ekonomi produktif,” tegasnya.

Sementara, camat Baturaja timur luqmanul hakim, menyambut baik adannya BID bagi Pemdes di Kabupaten Oku Ditegaskanya, sudah saatnya diera sekarang pemdes itu bisa berdikari, berkreasi dan berinovasi yang tujuannya untuk desa itu sendiri.

Manfaatkan semua potensi yang ada dan kelola desa baik sehingga desa maju mandiri. Pemkab 0ku sendiri akan terus mensupport kemajuan pemdes tegas camat.#Rudick

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed