oleh

Kesenian tradisional patut tampil di HUT Oku

Baturaja,wartapos.co.id (Sumsel) menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten OKU yang ke 109 tepatnya tanggal 29 juli 2019 yang akan datang,yang mana dalam menyambut HUT Oku tersebut akan,digelarnya penyelenggaraan OKU EXPO yang akan di meriahkan oleh artis-artis ibu kota dan banyak lagi acara lainnya seperti lomba pertandingan volly ball dan futsal, namun alangkah lebih meriahnya, jika dalam pagelaran HUT OKU tersebut di angkat juga perlombaan kesenian daerah asli OKU atau setidaknya memberi ruang untuk menampilkan kesenian daerah asli OKU tersebut,seperti dalam hal menyambut tamu atau di gunakan pada acara arak-arakan menyambut Pengantin pada acara pernikahan biasa ditampilkan group kesenian tradisional seperti,terbangan/saropal anam/rudat, ataupun Robana,karena hal ini sesuai dengan khas asli daerah OKU.

Menurut salah satu warga Rudi Ambah yang juga pemerhati serta seniman daerah khas OKU yang juga Ketua Sanggar Seni Terbangan Saropal Anam, Al Jannah” kepada media ini tepatnya Minggu (21/07/2019) di Sanggar Seni “AL JANNAH “di wilayah Bakung Kelurahan Kemalaraja Baturaja OKU ini mengatakan bahwa acara HUT OKU ini akan lebih meriah jika kesenian khas daerah OKU di tampilkan. Hal ini perlu karena untuk mempromosikan budaya seni asli daerah OKU kepada daerah-daerah lain serta sebagai pesan kepada purta putri OKU dan daerah lain, agar kesenian daerah tidak punah.

‘Bagusnya pada HUT OKU Tahun 2019 ini seluruh kesenian daerah OKU di angkat dan di tampilkan bahkan di perlombakan, agar orang dari luar daerah jadi tau dan putra putri OKU juga jadi lebih mencintai kesenian asli OKU ini serta diharapkan dapat menjaga kelestarian kesenian Daerah agar tidak punah tutur Rudi.

Hal senada juga di sampaikan oleh Dudin dan  Megan yang juga pecinta seni Daerah OKU mengatakan “bahwa acara HUT OKU sudah selayaknya mengangkat kesenian daerah asli OKU ” Tegas nya. (Rudick).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed