oleh

TP-PKK Desa Belatung Gelar Lomba Masak dan Cipta Menu

Baturaja (Sumsel) wartaposgroup- Tim penggerak PKK desa Belatung kecamatan lubuk Batang kab OKU. di bawah pimpinan Onih Novarianti Polando,SE. Menggelar Acara Lomba Masak dan Cipta Menu.

Acara Yang di gelar dalam ranggka menyambut HUT RI ke-74 ini di adakan di kantor desa Belatung kec.
Lubuk Batang, Kamis 18/7/2019.

Hadir dalam acara lomba masak tersebut wakil ketua Tim penggerak PKK kab Oku Henny Johan Anuar,SH. Camat lubuk Batang Helni Purwaningsi.SE serta pendamping desa kecamatan lubuk batang, dan tim penggerak PKK desa Belatung.

Dalam sambutannya ketua PKK Desa Belatung Onih Novarianti,SE. mengatakan acara ini di gelar dalam rangka memperingati HUT RI ke-74, dan juga kegiatan ini di ikuti dari dusun yang ada di desa Belatung dari dusun 1 sampai dusun lV Dan juga lomba masak ini untuk meningkatkan kreativitas ibu – ibu untuk lebih memahami cara menciptakan menu yang sehat untuk keluarga di samping mempererat tali silaturahmi sesama masyarakat desa Belatung.

Masih kata Onih, kami sengaja mengundang dewan juri dari tim PKK kabupaten dan kecamatan serta dari pendamping desa agar tidak ada rasa curiga dalam penilaiannya pungkas nya.

Dalam kesempatan itu wakil ketua PKK Oku Henny Johan Anuar.SH. mengatakan silahkan ciptakan menu masakan, yang menambah selera makan, dan nanti nya hasil dari lomba ini dapat ibu ibu terapkan dan praktek kan di rumah, untuk menambah selera makan keluarga dirumah.

Sementara camat lubuk batang Helni Mengatakan tujuan lomba masak serba ikan ini dilaksanakan adalah disamping untuk menyebar luaskan informasi tentang ikan, olahan masakan berbahan baku ikan, kandungan gizi serta manfaat yang diperoleh jika mengkonsumsi ikan.

“Dari sisi ekonomi, kegiatan ini juga dapat meningkatkan peluang pangsa pasar ikan dan produk ikan dalam negeri bagi kesejahteraan masyarakat, khususnya nelayan, pembudidaya dan pengolahan hasil perikanan” tambahnya.

Sasaran yang ingin dicapai, kata Helni adalah terciptanya peningkatan budaya makan ikan di masyarakat dan tersosialisasikan nya manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan. Kegiatan lomba masakan ini untuk lebih memahami aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral yang apabila dikonsumsi dalam jumlah seimbang akan dapat memenuhi kecukupan gizi untuk kesehatan pungkas nya.

Setelah masakan di sajikan dan di cicipi bersama- sama peserta lomba. Baru lah panitia dan dewan juri,menyebutkan kriteria penilaian, adapun yang ditetapkan dewan juri dalam penilaian ini, yakni. kreatifitas , penyajian dan penampilan,serta cita rasa,gizi dan higienis,serta penampilan atau dekorasi nya.

Acara lomba masak serba ikan ini di ikuti peserta yang mewakili 4 dusun dalam wilayah desa Belatung. Adapun pemenang dalam lomba masak ini, hasil dari tim juri menetapkan, juara harapan di raih dari dusun lll dengan nilai 721.

Sedangkan juara 3 di raih dusun ll dengan nilai 725 juara 2 di raih dusun lV dengan nilai 728 dan juara 1 di raih dari dusun l dengan nilai 758.Terpisah kades Belatung Polando saat di bincangi media mengatakan para peserta lomba masak akan di berikan uang pembinaan yang nominal nya, juara 1 sebesar 1,000000 juara 2. 750,000 juara 3.500,000 dan juara harapan sebesar 300,000 acara ini untuk menjalin tali silaturahmi sesama tim penggerak PKK dan juga dalam rangka memperingati HUT RI ke-74.

Desa Belatung ini, rencana nya akan mengadakan bermacam -macam kegiatan acara dan perlombaan, rencananya besok  kami akan menggelar turnamen voli antar Desa se kecamatan lubuk batang,yang akan di ikuti oleh seluruh Desa yang  ada di kecamatan lubuk Batang dan acara nya di pusat kan di  desa Belatung pungkas Polando.(Rudick)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed